3 Tips dan Trik Modifikasi Motor Scorpio Agar Tidak Ditilang Polisi

Auto

Written by:

Perkembangan dunia otomotif nampak semakin hari semakin pesat saja. Hal itu tercermin dari banyaknya model-model motor keluaran baru dan modifikasi motor yang kian masif.

Ya, modifikasi motor sendiri memang menjadi tren di belakangan tahu terakhir. Modifikasi memungkinkan pemilik motor memiliki motor yang sesuai dengan apa yang Ia inginkan. Meski kadang jauh dari standar pabrik, hal itu didobrak demi mendapat motor yang diimpi-impikan.

Beragam sepeda motor pun tidak luput dari modifikasi, mulai dari yang matic hingga racing. Semua kena demam modifikasi. Dan salah satu jenis motor yang paling sering dimodifikasi adalah motor scorpio.

Bentuk motor yang gagah membuat pemilik berkeinginan untuk melakukan modifikasi motor scorpio miliknya. Walau modifikasi yang dilakukan minim, nampaknya, hal itu menjadi barang wajib untuk menambah tampilan dan nilai garang dari motor ini.

Tapi perlu diketahui, modifikasi motor juga tidak asal merubah bentuk motor seenaknya. Ada beberapa tips dan trikĀ  yang harus diterapkan. Pun dengan syarat yang harus dipenuhi.

Nah, untuk lebih tahu apa saja syarat serta tips dan triknya, yuk, simak ulasan tips dan trik modifikasi motor berikut.

  • Boleh modifikasi motor, tapi jangan menggunakan knalpot bising. Mengganggu tetangga dan melanggar pasal lalu lintas.

Ya, seperti yang sudah kalian ketahui, beberapa tahun terakhir kepolisian telah menerbitkan larangan sepeda motor menggunakan knalpot bising. Hal itu memang agak memberatkan untuk penghobi modifikasi. Namun, penghobi juga harus memahami bahwa tidak semua suka dengan knalpot bising.

Untuk alternatif, kalian bisa menggunakan knalpot standar dengan bentuk atau tipikal suara yang tidak menganggu pengguna jalan lain.

  • Usahakan untuk tidak mengganti kerangka atau mesin utama. Kalau kalau iya, kalian akan repot saat melakukan perpanjangan pajak kendaraan.
Baca Juga :  Tips dan Cara Memastikan Kualitas Motor R25 Bekas

Dalam membayar pajak kendaraan, khususnya melakukan perpanjangan, kendaraan umumnya akan dicek nomor rangka dan nomor mesin; apakah sesuai STNK atau tidak. Jika tidak ada penggantian di keduanya, tentu bukan masalah. Tapi bila salah satu dari keduanya diganti, tentu hal itu akan menjadi masalah.

Intinya, setiap motor memiliki identitas dan nomor seri. Nomor-nomor tersebut berada di rangka, mesin dan plat. Modifikasi motor scorpio boleh, tapi, kalau bisa jangan mengubah atau menghilangkan identitas tersebut.

  • Selain tidak boleh mengganti rangka dan mesin, kalian juga tidak boleh mengganti warna seenaknya.

Dalam STNK telah tercatat nomor plat, mesin dan rangka. Selain itu, tercatat pula warna motor yang kalian miliki. Jika modifikasi motor scorpio yang kalian lakukan sampai mengubah warna motor, itu akan berakibat buruk saat kalian terkena razia kendaraan. Sebab saat polisi melihat warna yang tercatat di STNK tidak sesuai dengan warna tubuh motor, kalian bisa saja ditindak.

Mungkin kalian bisa mengelak dengan menyuruh polisi mengecek nomor rangka atau mesin sebagai bukti kalau motor yang kalian gunakan adalah motor asli, bukan curian. Tapi tetap saja. Namanya polisi, ya, polisi. Mungkin ada yang akan menuruti. Tapi kalau kalian sedang apes, kalian pasti akan ditilang. Atau yang paling parah, motor kalian akan diangkut ke polres terdekat.

Tentu kalian tidak ingin bila motor scorpio kesayangan kalian dibawa polisi, kan? Oleh karena itu, bila ingin memodifikasi, modifikasilah dengan tidak mengubah identitas motor yang tercatat di STNK.

Nah, itulah beberapa tips dan trik modifikasi motor scorpio yang dapat kalian terapkan. Tips dan trik ini juga menjadi syarat. Karena bila tidak dilakukan, bisa jadi saat kalian menghadapi razia, modifikasi motor kalian akan dipermasalahkan oleh polisi.

Baca Juga :  Mobil Brio Terbaru Lebih Stylis dan Fitur Berlimpah

Comments are closed.